Kamis, 09 Mei 2013

0 Fakta Tentang Susu Nasional


info susu nusantara mandiri


Konsumsi susu di Indonesia merupakan yang terendah di antara negara-negara Asia. Rata – rata orang Indonesia hanya minum 32 gelas susu per tahun. Susu di Indonesia masih menjadi bahan pokok harian paling mahal. Keperluan Susu ideal 1 orang balita setara dengan UMR di Jakarta. 70 juta anak Indonesia tidak minum susu. Total 150 juta penduduk Indonesia tidak minum susu. Idealnya, seseorang membutuhkan 100 liter susu per tahun. Isu konsumsi susu yang rendah menjadi penyebab utama dari isu kualitas gizi anak – anak Indonesia yang rendah.

Di negara dengan sumber daya alam melimpah seperti Indonesia, Seorang ayah harus dipenjara karena mencuri untuk membeli susu anaknya. Beberapa fakta lain mengenai kondisi persusuan di Indonesia: Indonesia punya 100.000 Peternak Tradisionil setara dengan 500 ribu Sapi Perah. 60% Sapi Perah hanya ada di Pasuruan, Malang, Boyolali dan Pangalengan.

Produksi Susu Nasional hanya 48% dari kebutuhan semestinya. 17% diserap 36 Perusahaan Lokal, 31% diserap oleh 4 Perusahaan Global. Kualitas susu nasional hanya terserap 21%. Produksi susu nasional masih berkutat pada kendala Hygenies & Teknologi pengolahan yang Tradisionil (Lack). Rendahnya kapasitas produksi (Volume & Kontinuitas). Lemahnya permodalan, Value Chain Mangement, Teknologi & IT.

Pasca Reformasi kondisi pertanian Indonesia makin Parbet, Impor pertanian Indonesia termasuk kebutuhan konsumsi susu nasional meningkat 200 kali dalam kurun kurang dari 6 tahun, Data Bapenas menunjukan jika pada tahun 2006 defisit neraca perdagangan bidang pertanian sebesar US$28,03 juta, maka ditahun 2011 membengkak menjadi US$ 5.509 miliar atau setara dengan 50 triliun lebih. Indonesia impor 1,2 juta Liter Susu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasional dan 3 Juta ton bahan processing masih impor dengan nilai Rp. 320 Milyar /thn.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player