Senin, 03 Desember 2012

0 Rangkaian Pemancar Televisi


Rangkaian Pemancar Televisi merupakan salah satu rangkaian yang di gunakan untuk pemancar siaran dengan sistem CCIR PAL B untuk frekuensi band VHF dan sistem CCIR PAL G untuk frekeunsi band UHF. Daya pemancar yang akan di gunakan pada rangkaian ini sangat tergantung pada luas daerah yang akan di jangkau (coverege area).

Siapa yang tidak tau dengan televisi, kata televisi sendiri sudah tidak asing lagi di telinga kita. Setiap rumah sudah di pastikan memiliki televisi, karena televisi merupakan sarana hiburan untuk keluarga di saat bersantai dan merupakan pelepas lelah setelah beraktifitas seharian.

Rangkaian pemancar televisi ini hanya mempergunakan standar 1 modulasi FM untuk bunyi dan modulasi video. Sinyal audio akan di atur dan di perkuat menggunakan transistor dan komponen penghubung lainnya. Transistor mempunyai dua kegunaan, yaitu penghasil dari frekeunsi pembawa dan modulasi.

Konfigurasi pemancar televisi dapat di desain sesuai kebutuhan, yaitu single sistem dan cold stand-by sistem. Pada single sistem hanya memiliki satu sistem peralatan sehingga tidak mempunyai peralatan cadangan. Apabila peralatan pemancar televisi ini mengalami gangguan, maka siaran akan secara otomatis terputus untuk daerah jangkauan yang bersangkutan. Ini akan berlangsung sampai peralatan yang mengalami gangguan mendapat parbaikan.

Sedangkan cold stand-by sistem memiliki sistem peralatan stand-by (cadangan). Sistem peralatan cadangan yang di miliki akan beroperasi apabila sistem peralatan utama mengalami gangguan. Perpindahan pengoperasian sistem peralatan utama ke sistem peralatan cadangan dapat di disain secara otomatis, namun siaran akan terganggu kurang dari satu menit.

Berikut ini kami tampilkan Gambar Skema Rangkaian Pemancar Televisi :

Rangkaian Pemancar Televisi

Rangkaian pemancar di atas menggunakan modulasi FM untuk suara dan PAL untuk modulasi video. Sinyal audio yang akan dimodulasi adalah pra-penguat dengan menggunakan transistor Q1 dan komponen terkait. Transistor Q2 memiliki dua pekerjaan: menghasilkan pembawa frekuensi dan modulasi. Sinyal audio pra-penguat diumpankan ke basis transistor Q2 untuk modulasi. Kapasitor C5 dan L1 induktor membentuk rangkaian tangki yang bertanggung jawab untuk menghasilkan pembawa frekuensi.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Pemancar Televisi, semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan informasi tentang pemancar televisi.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player