Senin, 03 Desember 2012

0 Pengetian Rangkaian LED


Rangkaian LED adalah salah satu rangkaian yang paling banyak di gunakan untuk lampu-lampu led. Rangkaian LED (Light Emiting Diode) termasuk jenis dioda semikonduktor. Mengapa di sebut dengan rangkaian led, karena pada saat rangkaian ini di hidupkan akan menyala secara bergantian dari lampu led satu ke lampu led lainnya. Sehingga di sebut dengan rangkaian running led.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan di zaman sekarang, kini lampu led banyak di pakai sebagai penerangan. Sehingga lampu ini dapat mengganti lampu pijar dan lampu neon yang membutuhkan daya cukup besar. Alasan menggunakan lampu led di karenakan lebih awet dan daya yang di butuhkan untuk lampu led juga cukup kecil sehingga dapat menghemat penggunaan listrik.

Lampu LED memiliki kecendrungan polarisari yang mempunyai kutup positif dan kutup negatif, sehingga untuk menyalakan lampu led di butuhkan arus maju atau forward. Jika LED di aliri arus terbalik atau reserve maka komponen chip di dalam LED tidak akan mengeluarkan emisi cahaya, bahkan jika sumber tegangan terlalu besar akan dapat menyebabkan komponen di dalam led rusak.

Rangkaian LED

Apabila kita ingin memasang lampu led yang memiliki tegangan 220 volt, selain tegangan tersebut harus voltase searah dan stabil, juga diperlukan resistor yang berfungsi untuk membatasi arus yang masuk di dalam lampu led. Jika kita hendak memasang rangkaian led pada komponen motor yang menggunakan tegangan aki 12 volt, maka kita harus memasang led warna putih yang berukuran 5 mm.

Setiap warna dalam komponen lampu led mempunyai karakteristik yang berbeda seperti besarnya tegangan dan arus yang di butuhkan untuk membuat chip didalam led yang dapat menghasilkan emisi cahaya. Semakin terang jenis lampu led, maka semakain besar juga drop tegangan dan arus yang di butuhkan.

Karena perbedaan karakteristik inilah, maka kita harus menggunakan rangkaian seri agar setiap lampu led menyala normal. Untuk membuat rangkaian led dan di gabungkan dengan rangkaian seri memang cukup sulit, karena besarnya cahaya yang di hasilkan akan berbeda, bahkan sebagian LED dapat tidak menyala atau redup. Untuk mencegah hal seperti ini, LED yang berwarna harus di pasang paralel dengan resistor pembatas yang di sesuaikan.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian LED, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan rangkaian ini. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Seri dan Pengertian Resistor.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player