Senin, 03 Desember 2012

0 Definisi Rangkaian Seri


Rangkaian Seri merupakan salah satu rangkaian listrik yang di susun sejajar atau seri. Cara kerja rangkaian seri adalah membagi arus yang di hasilkan dari komponen lain. Apabila terdapat 3 buah rangkaian yang di rangkai secara seri, maka tegangan yang di hasilkan dari satu buah rangkaian akan memberikan sisa tegangan yang di hasilkan sehingga proses ini dapat mengurangi pemakaian tegangan.

Di dalam rangkaian seri, 3 rangkaian yang di susun hanya terhitung 1 rangkaian saja. Rangkaian ini juga bisa kita gambarkan dalam posisi diagonal, fungsinya adalah untuk dapat memahami dalam pembacaan gambar. Rangkaian listrik seri dapat menghemat biaya.

Kelemahan dari rangkaian ini adalah misalkan salah satu komponen dalam rangkaian dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Contohnya adalah tiga buah lampu yang dirangkai secara seri, maka input dari lampu satu akan terhubung ke output lainnya. Jika salah satu lampu di cabut, maka lampu yang lain juga akan ikut padam.

Berikut ini gambar skema rangkaian seri :

Rangkaian Seri

Kelebihan dari penggunaan susunan seri adalah memiliki lebih banyak menghemat daya yang di keluarkan pada baterai. Kelebihan lainnya dalam pemakaian rangkaian ini terdapat pada pembuatan ataupun pengerjaannya yang singkat, serta tidak memerlukan banyak penghubung pada penyambungan jalur.

Di dalam dunia elektronika, kita hanya mengenal dua macam susunan rangkaian listrik, yaitu rangkaian susunan seri dan rangkaian susunan paralel. Jika dalam sebuah rangkaian tahanan resistor memiliki nilai seragam, cara penyusunan resistor ini pun akan mempengaruhi nilai tahanan total yang kita peroleh.

Rangkaian resistor seri dapat di hubungkan dengan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel. Namun apapun bentuk rangkaian semua mengikuti hukum ohm dan hukum kirchoff. Resistor dapat di sebut seri apabila mereka terangkai dalam satu garis lurus, sehingga arus yang mengalir tidak ada jalan lain kecuali mengalir dari resistor satu ke resistor lainnya.

Yang harus kita ingat dalam penggunaan rangkaian seri adalah resistansi total dari dua atau lebih resistor yang di hubungkan bersama-sama secara seri akan selalu lebih besar dari pada nilai resistor dalam rantai.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian seri, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan rangkaian tersebut. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Listrik dan Potensiometer.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player