Senin, 03 Desember 2012

0 Bentuk Dari Rangkaian Bel Listrik


Rangkaian Bel Listrik merupakan rangkaian yang pertama kali di buat dengan menggunakan prinsip elektromagnetik . cara kerja bel listrik dengan prinsip elektromagnetik yaitu dengan menjadikan besi dalam rangkaian bel listrik menjadi magnet sementara yang akan memukul berulang kali dengan cepat sehingga dapat menghasilkan bunyi yang keras . bel ini adalah yang paling sederhana saat pertama kali di pergunakan oleh banyak orang .bel listrik pernah booming pada tahun 90-an , hampir setiap rumah memasangnya , alat ini berfungsi untuk memberitahu pemilik rumah bahwa di luar rumah ada orang yang ingin bertamu atau berkunjung .

pada masa kini rangkaian bel sudah tersedia dalam berbagai  variasi , ada bel listrik dengan sistem elektronik yang cukup rumit yang menghasilkan bunyi yang unik pula seperti lagu-lagu dan nada-nada . pembuatan nya membutuhkan bahan sseperti kabel dan resistor yang cukup banyak dan rumit dalam pengerjaannya . bisa juga di pergunakan PCB (printed circuit board) untuk menggantikan fungsi kabel yang terlalu banyak , namun penggunaan PCB juga tidak membebaskan pembuatan bel dari alat-alat yang cukup banyak seperti resistor , speaker dan lain-lain , selain itu penggunaan resistor memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang cukup tinggi dalam merangkainya.

Rangkaian Bel Listrik
Rangkaina Bel Listrik

pada dasarnya rangkaian bel listrik terdiri dari dua elektromagnet yang di sebut selenoida , dimana di setiap selenoida di lilitkan dengan arah yang berlawanan . selenoida adalah penghantar melingkar yang berbentuk kumparan panjang . medan magnet yang di timbulkan oleh selenoida akan lebih besar daripada yang di di timbulkan oleh sebuah penghantar melingkar apalagi sebuah penghantar lurus , jika selenoida di aliri arus listrik maka akan menghasil kan medan magnet , arus listrik nya bergantung pada kuat arus listrik dan banyaknya kumparan . garis gaya magnet selenoida merupakan gabungan dari garis gaya magnet dari kawat melingkar , kumaran yang tadi seolah-olah mempunyai dua kutub, ujung kumparan yang satu merupakan kutub utara dan ujung lainnya merupakan kutub selatan .

pada era sekarang ini , kegunaan bel listrik sudah banyak di gantikan oleh tekhnologi canggih lain yang sedang berkembang saat ini , kegunaan bel listrik saat ini terbatas pada sekmen tertentu , seperti sekolah , rumah sakit , terminal , kampus , stasiun kantor dan lain sebagainya yang masih memerlukan tekhnologi rangkaian bel listrik .
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player