Kamis, 08 November 2012

0 Peta otak


Peta otak - Para peneliti di IBM menciptakan peta syaraf paling rumit yang pernah ada. Peta tersebut menggambarkan jaringan otak milik monyet ekor pendek dengan detail yang belum pernah terungkap sebelumnya. Penelitian ini berhasil memetakan area 4 kali lebih banyak daripada penelitian sebelumnya. Selain itu, jumlah hubungan yang terpetakan juga lebih banyak 3 kali.

Hal terpenting yang berhasil mereka temukan adalah hal yang mereka sebut dengan "inti yang terintegrasi dengan erat".

Menurut perkiraan mereka, inti tersebut mungkin merupakan kunci kemampuan logika yang membuat manusia memiliki kesadaran. Peneliti juga mendapati bahwa inti itu tidak hanya terdapat pada satu atau dua area, tapi menjangkau korteks premotor, korteks prefrontal, temporal lobe, thalamus, korteks visual, bahkan area lain.

Peneliti juga menemukan hal lain yang mengejutkan. Korteks prefrontal yang terletak di bagian depan otak ternyata menjadi pusat yang mendistribusikan informasi ke seluruh otak.

Dengan memetakan proses jaringan yang sangat rumit ini membuka kemungkinan orang meniru cara kerja otak untuk membuat chip komputer yang mampu "berpikir" seperti otak.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player