Rabu, 28 November 2012

0 Malaysia Bantai Laos 4-1

Kuala Lumpur - Juara bertahan Malaysia menghidupkan peluangnya untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2012. Pada pertandingan kedua, Harimau Malaya mengalahkan Laos dengan skor telak 4-1.

Bermain di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (28/11/2012) malam WIB, Malaysia yang di laga pertama kalah telak dari Singapura menyerang sejak menit-menit awal. Mereka sukses unggul dulu lewat kaki Mohd Safiq Rahim.

Tapi, Laos yang banyak bertahan bisa menyamakan skor. Gol diciptakan oleh Khonesavanh Sihavong.

Di babak kedua, Malaysia terus menggempur, sementara Laos mulai kedodoran. Tim asuhan Datuk K.Rajagobal ini akhirnya berhasil menambah tiga gol lewat Safee Sali, Wan Zack Haikal, dan Mohd Khyril Muhymeen.

Hasil ini menempatkan Malaysia di urutan ketiga klasemen sementara Grup B dengan tiga poin dari dua laga. Laos di posisi terbawah dengan poin satu.

Jalannya pertandingan


Safee berpeluang membuka skor pada menit kesepuluh. Tapi, tendangannya dari dalam kotak penalti masih mengarah ke samping gawang.

Seisi Stadion Nasional Bukit Jalil bergelora di menit ke-15. Malaysia mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Laos dan Safiq yang jadi eksekutor menciptakan gol indah. Tembakan melengkung sang kapten tak mampu dijangkau Sengphachan Bounthisanh.

Tim tuan rumah kembali mengancam gawang Laos pada menit ke-27. Aksi Norshahrul Idlan Talaha di depan kotak penalti dilanjutkan dengan umpan kepada Safee. Tapi, penyelesaian Safee melenceng.

Norshahrul membuang peluang bagus di menit berikutnya. Setelah melakukan penetrasi ke kotak penalti, tembakannya ke tiang jauh masih melebar.

Memasuki menit ke-33, percobaan yang dilakukan Safee juga belum mengubah skor. Tendangan jarak jauhnya belum menemui sasaran.

Terus-terusan digempur, Laos malah bisa menyamakan kedudukan lewat serangan balik lima menit kemudian. Gol ini diawali umpan lambung Khampheng Sayavutthi yang diterima oleh Khonesavanh. Khonesavanh menggiring bola sebentar sebelum melepaskan tembakan kaki kiri. Bola sempat berubah arah karena mengenai kaki Mohd Aidil Zafuan Abdul Radzak dan membuat kiper Mohd Farizal Marlias mati kutu melihat gawangnya jebol.

Di awal babak kedua, Safee tak mampu memaksimalkan peluang yang dia dapatkan. Berawal dari umpan backheel rekannya, tendangan mendatar Safee masih mengarah tepat ke pelukan Sengphachan.

Malaysia terus berusaha unggul lagi dan mereka nyaris bikin gol di menit ke-63. Diawali umpan silang terukur Mahali Jasuli, sundulan Safee cuma melenceng tipis.

Safee akhirnya benar-benar menjebol gawang Laos pada pada menit ke-67. Berdiri tanpa kawalan di mulut gawang, dia tanpa kesulitan menyambar umpan silang Wan Zack dari sisi kanan.

Malaysia mencetak gol ketiganya sembilan menit kemudian. Memanfaatkan umpan silang S. Kunanlan, Wan Zack mengirim bola ke dalam gawang dengan kepalanya.

Gawang Laos bergetar lagi pada menit ke-79. Muhymeen lolos sendirian ke kotak penalti dan mampu menaklukkan Sengphachan.

Berselang lima menit, Wan Zack nyaris bikin gol lagi. Sial buat dia, tembakannya bisa dimentahkan Sengphachan.

Susunan pemain:
Laos: Sengphachan, Kovanh, Soukaphone, Keoviengphet, Ketsada, Kanlaya, Sihavong (Sayyabounsou 54'), Phathana (Phommapanya 75'), Viengsavang, Khampheng, Visay (Daoneua 70')

Malaysia: Farizal, Mahali, Aidil, Fadhli, Azmi (Mohd Zubir Azmi 46'), Kuna, Safiq, Shakir S, Wan Zack, Norshahrul Idlan (Baddrol 81'), Safee (Muhymeen 78')

-----------

Klasemen sementara Grup B
Tim - Main - Menang - Seri - Kalah - Selisih Gol - Poin

Indonesia 2 1 1 0 3-2 4
Singapura 2 1 0 1 3-1 3
Malaysia 2 1 0 1 4-4 3
Laos 2 0 1 1 3-6 1
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player