Senin, 26 November 2012

0 Cara Mempertunjukan Magic di Jalanan

Sungguh banyak orang yang mampu memainkan trik sulap namun sangat sedikit dari yang mampu memainkan trik mampu pula menghibur penontonnya dengan trik yang dikuasainya. Dari sedikit orang yang mampu memainkan trik yang menghibur lebih sedikit lagi yang dibayar secara profesional untuk mempertunjukan trik sulapnya...

Untuk memepertunjukan sulap terutama Street Magic, anda tidak bisa mengabaikan faktor penonton atau orang yang akan anda ajak bermain. Tugas seorang pesulap (kemudian saya sebut magician) harus bisa menghibur dan membuat orang yang melihat permain sulapnya benar–benar kagum dan bingung. Untuk melakukan itu tentu tidak mudah.

Khusus dalam mempertunjukan street magic ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan jika ingin mempertunjukan trik anda, langkah–langkah tersebut diantaranya :


I. POLA PIKIR.

1. Tetap konsentrasi pada permainan yang anda mainkan dan jangan hiraukan gangguan-gangguan dari orang lain.
1. Buatlah sebuah komitmen agar anda bisa menjadi seorang Street Magician.
2. Buat orang lain agar berkata " kok bisa ya ? " kepada anda.
3. Cari apa yang baru yang diinginkan penonton atau sukarelawan anda.
4. Tingkatkan kepercayaan diri anda.
-Pelajari trik yang akan anda mainkan dengan baik
-Latihlah trik anda dengan sempurna dan berulang-ulang (Perfect practice for perfection...)
-Tersenyumlah kepada orang disekitar anda.


II. ATURAN STREET MAGIC

1. Jalanan adalah panggung anda.
2. Pertunjukan trik yang dapat dilihat dari sudut mana pun (multy angle trick).
3. Jelaskan setiap permainan yang akan anda mainkan kepada setiap penonton.
4. Jangan pernah membongkar trik sulap anda.
5. Kenakan pakaian yang tepat atau cocok dengan anda.
6. Jadilah diri sendiri.


III. ROUTINE

1. Opening Trick (1 -3 menit)
2. Trik Utama (3 - 6 menit)
3. Closing Trick (2 -5 menit)

Pertunjukan trick anda seindah mungkin dan sebaiknya dalam 1 routine, usahakan menggunakan piranti atau alat yang sama atau sejenis, misalnya hanya menggunakan coin saja walau terdiri dari berbagi coin gimmick agar pertunjukan anda nampak bersih dan berkesinambungan (tidak kotor dan ribet).

Contoh trik-trik yang menarik untuk dimainkan saat anda bermain street magic dalam satu routine, missal :
1. Coin Production (combination Forcing and Palming).
2. Coin Transposition (Double face coin,Coin Switch, etc).
3. Coin Vanish (How to make a coin disappear).



IV. ALUR PERTUNJUKAN

Jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan PLEDGE, TURN, PRESTIGE dalam mempertunjukan sulap atau routine anda.

1. PLEDGE - Pesulap akan menampilkan hal yang biasa dengan menampilkan obyek seperti kartu, koin, binatang, atau manusia bahkan pesulap meminta kepada penontonnya untuk memeriksa obyek tersebut agar terlihat nyata dan normal.

2. TURN - Pesulap menggunakan sesuatu dan membuat hal yang biasa menjadi luar biasa. Penonton akan mencari-cari dan menerka-nerka rahasianya, tetapi mereka tidak akan menemukan rahasia tersebut, tentu saja karena mereka tidak sungguh-sungguh ingin tahu atau mereka tidak ingin berusaha tahu, mereka hanya ingin dibodohi.

3. PRESTIGE - Pesulap wajib mengembalikan hal yang luar biasa menjadi biasa kembali, yang dihilangkan atau dimusnakan wajib dikembalikan lagi.


V. KUASAI DIRI ANDA

Hal yang paling penting dari semuanya adalah diri anda sendiri sebagai seorang magician, bagaimana anda menemukan gaya pertunjukan (performance style) street magic anda yang khas yang sulit ditiru atau diikuti orang lain.

Catatan akhir :

Ada beberapa hal lagi yang harus anda perhatikan untuk menjadi seorang Street Magician. Yaitu anda harus selalu siap, dan mempersiapkan semuanya sebelum show anda dimulai. Misalnya, anda harus membawa koin, kartu, korek, pensil, karet atau apapun terlebih dahulu di dalam saku anda, agar saat anda bermain tidak terganggu dengan perlatan sulap anada, jika perlu susun alat tersebut dalam wadah atau saku baju atau celana anda sesuai dengan urutan pertunjukan street magic anda.

Apa pun yang anda lakukan anda haruslah secara sempurna menghibur penonton anda tanpa harus penonton anda merasa dibohongi dengan permainan sulap anda yang sebenarnya hanyalah tipuan belaka.

Perlu di ingat sekali lagi yang menjadi andalan utama seorang pesulap sejati pada dasarnya hanyalah gerakan tangan, tubuh, dan kata-katanya. Juga pengetahuan akan mata dan pikiran manusia yang tidak sempurna, bukan sihir atau ilmu gaib yang perlu bantuan mahluk halus atau semacamnya.

Make to beLIEve...
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player