Kamis, 29 November 2012

0 Baca Disini - Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java


Setelah seminggu sibuk mempersiapkan Hari Natal yang membuat waktu blogging jadi terhambat, kali ini saya akan memulai post lagi. Nah, untuk hari ini saya akan memberikan artikel mengenai sejarah bahasa pemrograman java. dan Sebelumnya Saya Pernah Memposting Sejarah Pemrograman C ++.

Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems dan diterbitkan pada tahun 1995. Bahasa pemrograman java pada awalnya lahir dari The Green Project. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Boy beserta sembilan programmer lainnya dari Sun Microsystems. Untuk menjalankan proyek tersebut Sun merencanakan untuk membuat sebuah sistem operasi yang dibangun dengan bahasa C++. Akan tetapi James Gosling merasa tidak puas dengan bahasa pemrograman C++ dan akhirnya ia memutuskan untuk membuat bahasa pemrograman sendiri yang diberi nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya.

Oak dibuat berdasarkan pada syntax bahasa C++. Namun Oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Pada saat itu Internet memulai sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser GUI pertama adalah Mosaic. Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa bahasa Oak yang multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan distributed sangat cocok untuk dunia Web. Mereka menjadikan Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat browser Java pertama yang kemudian dinamai dengan Web Runner.

Pada tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java karena sudah ada perangkat lunak yang mematenkan nama tersebut. Nama java diambil dari kopi murni yang digiling langsung kesukaan James Gosling. Pada tahun 1995, java kemudian menjadi bahasa standar di dunia Internet.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player