Minggu, 07 Oktober 2012

0 Topan Isaac Paksa Sungai Mississippi Mengalir Mundur




Sample ImageIlmuwan dari United States Geological Survey (USGS) mengatakan bahwa aliran sungai Mississippi berubah dari biasanya. Bila umumnya aliran sungai akan mengalir dari ketinggian ke tempat yang rendah,
namun fenomena angin ribut ini justru menghempas air hingga mengalir secara terbalik.

Dilansir Softpedia, Jumat (31/8/2012), ilmuwan mengungkapkan, selama 24 jam pada Selasa (28/8), sungai Mississippi mengalir terbalik akibat pengaruh topan Isaac. Topan Kategori 1 ini menghasilkan badai dahsyat serta angin kencang yang mampu mendorong air sungai kembali ke daratan dengan kecepatan 182.000 kaki kubik (5153.6 meter kubik) per detik. Pengukuran kecepatan ini dilakukan oleh USGS di Belle Chasse, Louisiana.

Ilmuwan USGS mengatakan bahwa jenis aliran ini biasanya dihentikkan oleh aliran sungai itu sendiri. Akan tetapi, ini bisa memakan waktu yang lama, saat sungai memiliki kekuatan aliran sedang atau rendah. Ketinggian dari tanah itu sendiri dapat mencegah air sungai untuk bergerak terbalik karena mendapatkan bantuan gravitasi.

"Pembalikan aliran sungai Mississippi ini salah satu ukuran kekuatan ekstrem (dari Topan Isaac). Kejadian tersebut bersifat sementara, fenomena ini bisa menjadi pengingat terkait mengapa kita perlu menghormati peringatan badai," jelas USGS Director, Marcia McNutt.

Pengamatan juga mengungkapkan bahwa sejumlah sungai pesisir di wilayah Louisiana secara berkala mengalami kehilangan ketinggian. Ilmuwan mengungkapkan, fenomena alam ini disebabkan oleh sifat alami dari angin dalam badai tropis.

"Karena angin bergerak ke barat daya, angin ini memaksa air keluar, menurunkan ketinggian mereka. Akan tetapi, setelah angin ini selesai bergerak ke barat daya, maka angin dapat kembali lagi ke timur laut yang memungkinkan gelombang badai untuk meningkatkan tingkat sungai," pungkasnya.




Sumber : http://techno.okezone.com
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player