Selasa, 30 Oktober 2012

0 Siswa SMA Merubah Air Laut Menjadi Sumber Energi Listrik


Akhir-akhir ini jika kita lihat maraknya tawuran antar pelajar SMA, orang akan menganggap citra SMA adalah kurang baik di mata masyarakat. Namun semua anggapan itu seakan di bantah oleh teman kita dari SMA di Jawa Timur, Muhammadiyah 01 Lamongan nama sekolahnya.

Mereka tidak tawuran menggunakan benda - benda tajam yang dapat mencelakakan orang melainkan bertarung dengan waktu, pikiran dan tenaga untuk menciptakan suatu inovasi yang dapat berguna bagi masyarakat sekitar yaitu baterai cair berbasis air laut.

Tarif listrik yang begitu membengkak merupakan salah satu alasan untuk membuat suatu energi alternatif yang kelak dapat membantu desa tempat mereka tinggal untuk tetap melanjutkan aktivitas tanpa gangguan listrik mati. "Nepobia El Cell" begitulah nama yang diberikan oleh 3 siswa kelas XII di SMA Muhammadiyah 01 Lamongan, Jawa Timur. Mereka adalah Isnaini , Yusuf Alwi dan Zulfa.

Mereka menegaskan bahwa inovasi mereka dibuat atas dasar aspek lingkungan dan kegunaan. Bahan dasarnya saja sangat ramah lingkungan yaitu air laut.

Ketiga pelajar ini mulanya memilih ikan pindang yang telah diasinkan sebagai proses awal untuk mendapatkan sumber listrik. Setelah memiliki ikan pindang, kemudian ikan tersebut direbus dengan air laut kira-kira kurang dari 1 liter dengan waktu 15 menit. Namun bukan ikannya melainkan air rebusanya saja yang diambil.

Lalu air rebusanya tadi di tuang dalam wadah yang telah dilengkapi dengan kabel anoda dan katoda yang sudah ditambahkan dengan logam seperti tembaga dan seng. Kabel tersebut dihubungkan dengan jembatan garam.

Alhasil, inovasi dari anak bangsa ini sangat efektif dan efisien. Dari hasil percobaan yang mereka lakukan, 2 Nepobia El Cell memiliki kekuatan 1.7 Volt yang dapat menghidupkan kalkulator. Selain dapat menyalakan kalkulator, dengan 24 Nepobia El Cell juga dapat menghidupkan lampu Led sebesar 8.5 Volt dengan cahaya yang cukup terang.

Dengan inovasi ini, pihak dari sekolah mengharapkan tidak hanya dapat diterapkan ke anak didiknya melainkan dapat di terapkan di masyarakat luas.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player