Selasa, 30 Oktober 2012

0 Satu Lagi, UNY Berhasil Mengubah Minyak Jelantah Menjadi Karbol Lantai


Setelah membuat karya - karya yang unik,kini tim kreativitas Universitas Negeri Yogyakarta kembali lagi menemukan penemuan yang unik yaitu pembersih lantai dari minyak jelantah yang diberi nama karbol Milan.

Menurut Asri, salah satu pencipta karbol Milan ini mengatakan dalam membuat karbol ini terbagi atas 3 tahapan yaitu penjernihan minyak jelantah, pembuatan karbol dan pengemasan pada produk tersebut.

Karbol adalah kebutuhan rumah tangga yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan lantai. Tidak hanya dirumah, bahkan dikalangan gedung instansi serta perusahaan memerlukan karbol dengan anggaran yang besar. Dengan adanya produk karbol Milan ini, diharapkan dapat membantu menurunkan anggaran yang besar sehingga produk ini bisa dibilang ekonomis karena bahan dasarnya adalah limbah minyak jelantah. Dibandingkan dengan karbol yang lain, harga karbol dari minyak jelantah ini terbilang cukup terjangkau dan kualitasnya bagus, sehingga produk ini dapat diterima di pasar.

Sebenarnya bahan dari karbol tersebut dapat dijumpai di rumah tangga dan pedagang kaki lima yang tidak lagi menggunakan minyak tersebut dan di buang padahal limbah minyak itu dapat mencemari tanah,air dan lingkungan sekitar.

Dengan penemuan ini secara tidak langsung, tim kreativitas Universitas Negeri Yogyakarta dapat mendaur ulang limbah minyak jelantah yang menjadi musuh lingkungan dan merusak alam serta kehidupan terutama laut.

Ternyata dalam menciptakan suatu penemuan yang berkualitas tidak harus dari bahan yang menuntut harga tinggi tetapi bahan yang sederhana dapat menjadi barang yang berkualitas.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player