Kamis, 11 Oktober 2012

0 Rumus ABCDE Untuk manghindari HIV



Kasus penularan HIV dan AIDS di Indonesia terus meningkat. Kaum muda adalah kelompok yang paling rentan tertular. Bila tak ingin tertular HIV, maka hindari dan ingatlah strategi ABDCE.

HIV-AIDS (Human Immunodeficiency Virus-Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah penyakit yang belum bisa disembuhkan dan belum ada obatnya. Penularannya terjadi dari cairan ditubuh maka itu penting untuk mengetahui cara-cara penularan HIV AIDS.

Cairan yang berpotensial mengandung virus HIV adalah darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Sedangkan cairan yang tidak menularkan virus HIV adalah cairan keringat, air liur, air mata dan lain-lain. Jadi penularan melalui ciuman tidak terjadi.

"Untuk mencegah penularan, kita selalu kenal dengan ABCDE," jelas Dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH, Sekretaris Nasional Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI)

Strategi ABCDE yang dimaksud adalah sebagai berikut:

A = Abstain
Jangan melakukan seks, terutama hubungan seksual berisiko.

B = Be faithful
Jadilah pasangan yang setia. "Kalau Anda punya istri, suami atau pacar, ya sudah satu saja, nggak usah ganti-ganti," tegas Dr Nafsiah.

C = Condom
Jika hubungan seks tersebut adalah seks yang berisiko kehamilan atau penularan penyakit, maka pakailah kondom.

D = Drug
"Jauhi drug (obat-obatan terlarang), baik drug telan yang dapat menyebabkan gairah seks meningkat seperti ekstasi, atau drug suntik yang menularkan langsung penyakit dari alat suntiknya itu," jelas Dr Nafsiah.


E = Equipment
Jangan bergantian atau berbagi menggunakan alat seperti jarum suntik atau alat potong kuku, tato atau alat-alat lainnya yang dapat berhubungan dengan darah.ASALASAH
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player