Selasa, 30 Oktober 2012

0 Pilihlah Cara Belajar Anda


Setiap manusia pasti memiliki sifat dan kebiasaan yang unik dalam keseharianya termasuk dalam cara belajarnya. Ya setiap orang pasti bersifat dinamis dan tidak statis maksudnya adalah cara belajar setiap yang menurut mereka nyaman pasti akan menjadi kebiasaanya. Seperti contoh teman anda dapat menangkap ilmu dengan hanya mendengar tetapi anda dapat menangkap pelajaran harus belajar kelompok dengan teman atau melihat dengan gambar. Disinilah keunikan setiap orang dalam belajar.

Disini ada beberapa cara belajar yang siapa tahu cocok dengan cara belajar anda sehingga belajar tidak membuat anda menjemukan tetapi membuat pikiran anda terbuka secara penuh untuk mendapatkan ilmu yang maksimal.

1. Belajar dengan jenis Audio
Orang dengan cara belajar ini biasannya dapat menangkap informasi dan memahami informasi yang disampaikan orang dengan telinga sehingga orang jenis ini mudah menangkap sesuatu yang di pelajari melalui sekolah, rekaman, dan berbagai komunikasi dalam bentuk verbal. Kalau orang belajar dengan jenis visual memahami dengan membaca, orang belajar jenis audio ini lebih penasaran hanya dengan mendengarkan informasi.

2. Belajar dengan jenis Visual
Orang tipe seperti ini lebih senang menerima dan menangkap informasi dengan hal-hal yang bergambar,grafik dan buku. Orang dengan cara visual ini lebih cepat menangkap penjelasan jika mendapat penjelasan dengan menggunakan LCD Proyektor dan papan tulis. Kebiasaan orang tipe ini adalah mencatat sesuatu yang penting, menggambar dan membuat diagram ketika memahami suatu pelajaran.

3. Belajar dengan jenis sosial
Orang tipe ini biasa memiliki kemampuan yang sangat baik secara lisan maupun tertulis. Mereka bisa berbicara dengan orang lain dengan sopan dan mengetahui dan memgerti perspektif tiap orang yang dijumpainya. Orang tipe ini jika mendapat masalah sering berbagi cerita dan meminta masukan dari orang supaya ia dapat memecahkan masalahnya sendiri dan tipe ini dalam belajar lebih senang bekerja kelompok serta berdiskusi dengan guru pengajar.

4. Belajar dengan jenis logis
Orang yang belajar tipe ini biasanya unggul dalam hal-hal angka seperti matematika dan mempunyai nalar yang bersifat logis (masuk akal) dan penuh perhitungan. Selain itu mereka bisa menangkap suatu pola dengan cepat dan suka menghubungkan informasi yang dinilai tidak berhubungan dengan orang lain. Indivdu yang logis ini teliti dalam detail suatu gambaran rencananya setelah ia mengorganisir dari berbagai informasi.

5. Belajar dengan tipe praktek/kinetis
Orang tipe ini biasanya kurang dalam hal teori tetapi unggul jika dikaitkan langsung ke tempat prakteknya serta bisa memahami sesuatu denga panca inderanya. Seperti contoh ketika baut ada sesuatu yang berbeda, orang ini bisa memahami masalah baut ini dengan cara meraba memakai tanganya daripada mendapat teori atau penjelasan lisan.

6. Belajar dengan jenis soliter/ penyendiri
Orang tipe ini lebih mandiri karena ia lebih suka bekerja dan belajar sendiri. Mereka juga suka mengatur segala sesuatunya secara sendiri tanpa bantuan orang lain dalam memecahkan masalahnya sendiri namun dengan cara belajar seperti ini perlu memakan waktu yang banyak karena ia tidak mempunyai bantuan yang diandalkan dalam belajar dan akhirnya ia perlu bantuan orang disaat ia tidak bisa memecahkan masalanya sendiri.

Bagaimana? Adakah diantara 6 cara belajar tersebut mirip seperti cara belajar anda? Saatnya tentukanlah cara manakah yang terbaik untuk mengasah ilmu anda!
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player