Sabtu, 06 Oktober 2012

0 Pedagang Komputer di Indonesia Anjlok



Menurut data yang dilansir International Data Corporation (IDC), penjualan komputer di Indonesia pada kuartal II 2012 kian menurun. Jika dibandingkan kuartal sebelumnya penurunan mencapai 6,3%,
sedangkan dibanding tahun lalu jumlahnya merosot 3,6%, atau berkurang hingga 1,3 juta unit.

Penurunan disebabkan oleh semakin rendahnya permintaan komputer di segmen komersial, yakni merosot hingga 22% secara berurutan. Penundaan sejumlah proyek di sektor publik juga berkontibusi terhadap penurunan itu.

Pembelian yang masih terus dilakukan perusahaan swasta juga diklaim tidak banyak membantu. Sebab tidak sedikit perusahaan yang memilih untuk menunggu hingga nilai tukar rupiah membaik sebelum memutuskan untuk membeli komputer baru.

"Pasar komputer di Indonesia tidak dalam keadaan baik di Q2 2012. Banyak intansi yang merevisi anggaran mereka untuk membeli PC, dan di kalangan perusahaan juga banyak yang menunda pembelian hingga nilai tukar mata uang lebih stabil," kata Deddie Sionader, Client Devices Market Analyst, IDC Indonesia.

Selain permintaan yang kian lesu di kalangan intansi pemerintah dan swasta, anjloknya penjualan PC juga diakibatkan oleh minat konsumen yang mulai beralih ke perangkat mobile, entah itu tablet atau smartphone.

"Hal ini bisa dilihat dari hasil penjualan yang kuat untuk tablet dan smartphone selama pameran produk TI berlangsung, seperti di FKI," tutup Deddie, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (11/9/2012).
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player