Selasa, 30 Oktober 2012

0 Otak Besar = IQ Tinggi?


Teman-teman percaya gak dengan teori yang satu ini: Otak besar = IQ Tinggi? Kita pasti bertanya-tanya, bener gak ya...Kalau kita lihat di film-film fiction atau kartun sih tokoh pintar nya digambarkan dengan manusia berkepala plontos atau makluk berkepala besar. Bener atau hanya mitos?

Ternyata ada penelitiannya lho. Manusia berkepala lebih besar ternyata mempunyai kepandaian yang rata-rata lebih tinggi dibanding dengan manusia yang berkepala berukuran rata-rata.

Hal ini dibuktikan oleh sebuahstudi di Washington University di St. Louis yang mengungkapkan bahwa dari variasi scan otak bisa membantu membuktikan jika bagian-bagian tertentu dari otak bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang.

Menurut penelitian yang dilakukan, ukuran otak ini memiliki peran, walaupun kecil. Melalui studi ini, ditemukan bahwa ukuran otak menentukan variasi 6,7% dalam kecerdasan. Well, it plays a role.

Studi ini dilanjutkan untuk mengukur kekuatan hubungan saraf antara korteks prefrontal kiri (tepat di belakang dahi) dan sisanya dari otak. Kekuatan area ini menyebabkan perbedaan 10% kecerdasan. Dengan kata lain, semakin kuat koneksi seseorang di area otak ini ... IQ orang tersebut lebih tinggi.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa konektivitas dengan bagian tertentu dari korteks prefrontal dapat memprediksi tingkat kecerdasan seseorang," kata Michael W. Cole, PhD, seorang peneliti postdoctoral dalam ilmu saraf kognitif di Washington University.

Tuh kan ada penelitiannya. Memang kalau berbicara soal otak, selalu menjadi misteri ya.
Temuan ini juga dapat menawarkan jalan baru untuk memahami bagaimana kerusakan dalam konektivitas otak global berkontribusi terhadap defisit mendalam kontrol kognitif terlihat pada skizofrenia dan penyakit mental lainnya,"saran Cole.

Banyak teori dan penelitian seputar otak manusia. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu setuju dengan pendapat Michael W. Cole? Hayooo, pasti langsung ngaca untuk liat ukuran kepala ya?:)





Apapun itu, semoga ada penelitian lebih lanjut sehingga penasaran kita bisa terjawab. Jangan sampai yang ukuran rata-rata langsung merasa tidak pinter dan akhirnya jadi alasan tidak mau berkembang....Karena kalau mau pintar, selalu ada cara! So, mau pintar? Bisa saja! Sangat bisa! Pompa sel otak mu alias belajar!
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player