Selasa, 30 Oktober 2012

0 Meningkatkan Kemampuan Otak dengan Permainan: SUDOKU


Sudoku merupakan permainan menempatkan angka-angka dari 1 sampai 9 pada kotak - kotak berukuran 9 x 9 kotak dengan peraturan tidak ada pengulangan angka pada masing - masing baris, kolom dan sub kotak 3 x 3. Sehingga pada akhirnya setiap angka akan hanya muncul 9 kali.




Permainan yang sederhana ini mulai dipopulerkan oleh sebuah perusahaan jepang, Nikoli pada tahun 1985. Permainan ini adalah teka-teki sederhana yang mungkin tidak melibatkan kemampuan bahasa, tetapi mencakup konsep-konsep dasar yang memberikan otak Anda latihan nyata, seperti probabilitas, logika, dan konsep matematika seperti teori induksi, menetapkan teori, dan aljabar Boolean.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa badan dan universitas di luar negeri bahkan mengatakan bahwa permainan sudoku ini dapat mencegah munculnya beberapa penyakit dan penurunan fungsi otak serta meningkatkan daya ingat dan kapasitas mental pada generasi muda.

Salah satunya dari Oxford University juga telah melakukan penelitian Sudoku. Mereka telah menemukan bahwa permainan pengasah otak seperti Sudoku dapat membantu menghasilkan sel-sel otak baru, menyatakan, "Biasanya kita berpikir bahwa seseorang akan kehilangan sel - sel otak seiring bertambahnya usia, tetapi ada bukti sekarang bahwa Anda dapat memperoleh sel-sel baru sepanjang hidup Anda jika Anda terus menerus merangsang otak. "

Karena manfaat yang ditemukan dari beberapa penelitian tersebut, sekolah dasar di London sudah mulai memasukkan Sudoku ke dalam aktifitas kelas.

Satu dampak yang kurang bagus adalah orang - orang yang senang bermain sudoku cenderung berada di dunianya sendiri sehingga mengabaikan sekitarnya. Beberapa pendapat lain mengatakan bila vitamin dan obat -obatan dapat mencegah penyakit maka mereka lebih cenderung menggunakan cara tersebut disamping memaksa otak berpikir keras untuk memecahkan suatu permainan sudoku.


Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player