Senin, 29 Oktober 2012

0 Kenapa ya minus mata saya bertambah terus dari waktu ke waktu



Tanya:
Eye GlassesKenapa ya minus mata saya bertambah terus dari waktu ke waktu, padahal kacamata digunakan terus. Apa miopi dan silinder bisa disembuhkan dengan obat (yang sering diiklankan) atau operasi?

Prasetyadi


Jawab:
Hai, Prasetyadi! Salam kenal.

Miopia atau yang umum dikenal sebagai rabun jauh merupakan kelainan atau gangguan refraksi pada sumbu bola mata, sehingga bayangan jatuh di belakang. Inilah yang membuat pandangan menjadi kabur. Untuk mengoreksi atau memperbaiki, digunakan kacamata dengan lensa minus.

Mengenai kondisi mata Anda yang miopianya terus bertambah, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter mata. Secepat apa perubahan tersebut, lalu bagaimana kondisi mata Anda di awal memakai kacamata. Ini juga untuk mencegah apabila ada gangguan pada mata Anda yang dapat menyebabkan gangguan lebih lanjut pada retina.

Menonton televisi atau pun membaca tidak menyebabkan mata miopia menjadi terus bertambah. Ini karena kelainan bersumber dari dalam mata itu sendiri.

Untuk memperbaiki, sekarang banyak dikenal metode lasik. Metode ini menggunakan laser untuk mendatarkan bagian kornea Anda, sehingga bayangan tepat jatuh pada sumbu mata Anda.

Tentang penggunaan obat-obatan, tidak ada yang dapat menyembuhkan miopia. Kebanyakan hanya berupa kepercayaan masyarakat atau obat-obatan alternatif yang tidak didukung bukti ilmiah. Pun harus juga diketahui efek samping dari obat-obatan tersebut. Penanganan pada miopia adalah dengan pemakaian kacamata atau dengan metode lasik.

Semoga bermanfaat.


dr. Alan Goni
www.meetdoctor.com
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player