Kamis, 11 Oktober 2012

0 Inilah Salah Satu Rahasia Keberhasilan Google

Siapa yang tidak kenal dengan Google? Sebuah perusahaan yang dikenal luas sebagai 'mesin pencari' yang paling banyak digunakan di dunia. Google menyimpan sejumlah rahasia bagaimana jadi perusahaan besar. Salah satunya, kantor yang mengasyikkan.

"Kami selalu melakukan inovasi dengan cara diskusi terbuka. Baik melalui rapat formal ataupun melalui diskusi dari permainan atau yang lainnya," terang Erwin, salah satu karyawan Google Asia Pacific di Kantor Google Asia Pacific, Singapura.

Berkesempatan melihat-lihat kantor Google di Singapura,  kagum melihat sejumlah fasilitas yang tersedia. Kantor yang menempati dua lantai di kawasan perkantoran elite Asia Square ini, dibangun dengan konsep yang diharapkan mampu mendorong para karyawannya untuk mampu selalu mengembangkan inovasi dan kreatvitas.

"Kami punya beberapa ruang bermain, yang didalamnya terdapat meja bilyar, Nintendo Wii, Xbox, dan ruang karaoke. Ruang rapat disini juga dinamakan dengan nama yang tidak biasa, seperti 'Ruang Borobudur, Ruang Blur, Ruang Little India dan sebagainya," ujar pria yang pernah bekerja di Indonesia selama dua tahun ini.

Selain fasilitas untuk terus berinovasi, Google juga sangat memperhatikan masalah logistik bagi para karyawannya. Terdapat beberapa ruangan yang mereka sebut 'micro-kitchen' dimana di ruang tersebut, semua makanan bebas diambil oleh para pegawai mulai dari petugas kebersihan hingga top division.

"Lihat semua para pegawai mereka bebas untuk mengambil apa saja disini. Selain itu kami juga memliki sebuah kebijakan unik, semua karyawan tanpa terkecuali berat badannya harus naik 7,5 Kg dalam tahun pertama," ujarnya sambil menunjukkan micro-kitchen di salah satu sudut kantornya.

Dengan semua fasilitas tersebut, bagaimana hasilnya? Seluruh karyawan Google terlihat menikmati pekerjaan mereka. Bahkan saat mereka makan pun, mereka berseliweran dengan terus menenteng laptop kesayangan masing-masing. Tampak juga beberapa karyawan yang terlihat rapat di beberapa 'micro-kitchen' di terdapat di kantor tersebut.

Tak bisa dipungkiri, suasana bekerja yang mendukung lahirnya inovasi turut menjadi alasan Google menjadi perusahaan yang berkembang pesat.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player