Selasa, 30 Oktober 2012

0 Inilah 5 Alasan Kenapa Perlu Minum Kopi



Bagi anda yang gemar minum kopi, ada kabar gembira untuk anda. Selain dapat menghilangkan kantuk, kopi bermanfaat sebagai penunjang kesehatan asalkan diminum tidak berlebihan. Berdasarkan suatu penelitian dari Duke Integrative Medicine , kopi mengandung senyawa antioksidan yang paling tinggi dibandingan sayuran dan buah-buahan.

Berikut adalah 5 alasan kenapa kita perlu minum kopi:

1.Mengurangi resiko diabetes tipe 2
Menurut berbagai riset, semakin sering seseorang mengkonsumsi kopi, semakin kecil pula kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Bagi wanita pascamenopause yang minum setidaknya empat cangkir kopi cenderung terhindar dari penyakit diabetes mellitus tipe 2.

2. Melindungi kerusakan akibat sel kanker
Riset menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi terhadap kanker tertentu dengan meningkatkan perbaikan DNA. Beberapa studi telah menemukan hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko kanker hati. Bahkan peneliti dari Harvard menemukan bahwa perempuan yang minum beberapa cangkir kopi sehari (berkafein atau decaf) memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium. Studi lain juga melaporkan bahwa pada pria yang mengkonsumsi enam cangkir kopi sehari, mempunyai risiko lebih kecil menderita kanker prostat, yakni sebesar 60 pesen. Studi-studi lainnya juga telah mengaitkan minum kopi dengan penurunan risiko kanker usus, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker esofagus.

3. Menurunkan risiko demensia
Para ilmuwan banyak melakukan penelitian mengenai kebiasaan minum kopi dan pengaruhnya dalam menurunkan risiko demensia. Peneliti di Eropa telah melacak dampak konsumsi kopi pada 1.400 orang paruh baya selama rata-rata 21 tahun. Mereka menemukan hubungan yang jelas bahwa peserta yang minum 3-5 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengembangkan demensia (65 persen).

4. Melindungi terhadap penyakit Parkinson
Untuk pria, tampaknya jelas bahwa kopi membantu menurunkan kemungkinan mengidap penyakit Parkinson. Mereka yang minum kopi sekitar 2-3 gelas sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah mengidap Parkinson ketimbang yang tidak sama sekali. Temuan tersebut merupakan hasil kesimpulan dari 26 penelitian yang melihat hubungan antara konsumsi kopi dan Parkinson.

5. Mencegah depresi.
Pada tahun 2011, peneliti dari Amerika melaporkan bahwa mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah minum kopi. Sementara, mereka yang menenggak dua sampai tiga cangkir sehari memiliki risiko 15 persen lebih rendah mengalami depresi.

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player