Selasa, 30 Oktober 2012

0 Ingin Menjadi Juara? Lakukan ini


Apa yang anda pikirkan dalam benak anda ketika teman atau seseorang berprestasi dan mendapat penghargaan? Apakah anda merasa senang atas hal ini atau iri? Mungkin iri pasti dirasakan oleh setiap orang namun jika rasa iri ini dipelihara, maka hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada diri sendiri sehingga menimbulkan rasa benci dalam diri. Hal ini tentu akan membuat anda terganggu dalam aktivitas terutama belajar.

Selain iri mungkin anda bisa merasa " Kenapa dia bisa, kenapa saya tidak?". Nah. Hal ini dapat memberikan kemajuan pada cara belajar anda karena terpacu oleh pertanyaan tadi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, anda mungkin merasa binggung apa saja yang dilakukan supaya menjadi sang juara. Tapi tenang, ada beberapa tips yang dapat anda coba supaya anda meraih kesuksesan dalam belajar.

1. Rela mengorbankan waktu berlibur atau senggang untuk belajar
Yang ditekankan disini bukan berarti anda harus belajar sepenuh waktu ketika anda berlibur. Anda boleh saja menikmati hari libur anda namun cobalah sejenak untuk sekedar membuka buku dan membaca pelajaran yang akan dipelajari ketika nanti saat hari aktif belajar. Cara ini cukup efektif karena dengan terbiasa membaca, tak anda dapat merekam dengan baik sehingga anda tidak perlu takut lupa karena terbiasa.

2. Lakukan hal yang belum terbiasa dalam belajar
Dalam hal ini, anda tidak harus selalu monoton dalam belajar seperti duduk diam di meja belajar sambil membuka buku saja. Buatlah kreasi dalam belajar anda seperti pergi ke taman atau belajar secara berkelompok dengan teman-teman anda. Cara belajar seperti ini mungkin lebih efektif karena selain menghilangkan kebosana dalam belajar, juga menambah wawasan dalam belajar apalagi dengan teman yang ahli dalam bidang studinya.

3. Fokus terhadap rencana yang akan datang
Coba lah hal ini seperti merencanakan apa yang selanjutnya anda akan lakukan seperti membuat jadwal hari ini apa saja yang akan dilakukan dan demikian juga hari esok juga membuka diri untuk mendapatkan kesempatan yang positif. Jangan berpikir ha-hal yang menghambat anda dalam mencapai kemajuan seperti kurang percaya diri, takut dicemooh orang karena hal tersebut membuat anda tidak mau mencoba menadi orang yang berhasil.

4. Sang juara memiliki target yang jelas
Apakah tujuan anda belajar? Pasti ingin mendapatkan wawasan ilmu yang lebih banyak lagi dan dapat menguasai secara penuh ilmu yang didapatkan. Untuk mendapatkan ilmu tentu saja ada kata yang harus ditekankan yaitu KERJA KERAS. Misalnya bahasa inggris adalah pelajaran kesenangan anda. Untuk itu coba target kan nilai minimum tetapi yang baik seperti nilai 8. Dengan cara ini, anda secara tidak langsung terdorong untuk lebih semangat dalam belajar.

5. Untuk menjadi seorang juara, anda harus memikirkan rencana yang matang
Apakah yang anda lakukan supaya perahu berjalan? Tentu saja mendayungnya. Nah hal ini anda harus mengembangkan pola pikir anda dengan menerima kemajuan dan menjadikan kemajuan sebagai kunci menuju keberhasilan. Jika anda tidak mau menerima kemajuan iberarti sama saja dengan belajar secara statis (monoton)
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player