Selasa, 30 Oktober 2012

0 Hal Yang Dapat Terjadi Kepada Otak Ketika kita mengalami Stress dalam jangka yang panjang

Stress mungkin menjadi hal yang terbiasa ketika bekerja atau studi apalagi di daerah perkotaan yang mendukung teradinya stress seperti asap kendaraan, polusi udara, macet dan lainnya yang menyebabkan kita mudah stress dan marah. Mungkin jika stress dalam jangka yang pendek bisa bermanfaat bagi kesehatan namun jika stress dalam jangka yang panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan anda dan otak akan mengalami penyusutan .

Kebanyakan orang sering menjadikan stress sebagai pemecahan masalah padahal hal tersebut bisa membahayakan otak anda seperti sakit kepala dan lebih parahnya lagi, bisa menyebabkan kerusakan otak.

Berikut ada hal yang dapat terjadi kepada otak ketika kita mengalami stress dalam jangka yang panjang.

1. Memori berkurang / rendah

Dengan kondisi ini, otak anda akan sulit mengirimkan informasi secara bolak-balik sehingga ketika ingin melakukan sesuatu, otak cepat lupa dan menyebabkan kehilangan memori dalam jangka pendek.

Glukokortikoid yang meningkat dalam jangka panjang dapat menyebabkan memori otak kita seakan terkikis dengan membuat ujung saraf sulit terhubung dengan ke sel otak yang baru.

Hal ini dapat memicu terjadinya penyakit Alzheimer pada manusia.

2. Otak menjadi keriput/menyusut

Stress yang berkepanjangan dapat mengakibatkan sel otak menyusut untuk beberapa waktu. Otak menyusut ini lebih sering terjadi kepada orang yang trauma karena sesuatu dan orang yang pernah menjadi korban kekerasan. Dengan menyusutnya otak, anda akan susah mengingat fakta-fakta yang pernah anda lihat dan biasanya sulit merencanakan sesuatu.

3. Sel otak mengalami kerusakan

Ketika anda stress, otak secara otomatis mengeluarkan sel glukokortikoid yang dapat melemahkan sel-sel otak dan akhirnya dapat membunuh sel otak yag baru.adrenalin dalam diri anda akan dilepaskan dari otak sesudah anda stress sehingga anda merasa binggung atau gelisah.jika adrenalin ini tidak dilepas dan ditahan maka hal ini akan meicu peningkatan glukokortikoid.

4. Saraf pada otak terjepit

Stress juga dapat menghambat sirkulasi darah ke otak sehingga terjadinya penumpukan darah keotak sehingga memicu terjadinya stroke. Saraf dan pembuluh darah terjepit dan menghalangi pasokan darah ke otak sehingga menunda kemampuan otak untuk menyembuhkan dirinya.

5. Penyebab depresi

Stress yang terjadi pada kita dapat mempengaruhi hormon yang membuat kita bahagia seperti hormon endorphin.hal ni dapat memnyebabkan kita depresi karena kehilangan harapan dan segala sesuatu menjadi sulit dan menyebabkan kita pasif serta cenderung lesu.

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player