Sabtu, 06 Oktober 2012

0 Genom Denisova Memberi Petunjuk Tentang Evolusi Manusia

Sample ImageIlmuwan menggunakan teknologi baru mampu memetakan genom (gugus kromosom) dengan tingkat presisi tinggi pada salah satu kerabat dekat manusia yang telah punah,
Denisovans. Denisovans atau Denisova Hominins merupakan genus Homo (manusia purba) yang pernah tinggal di wilayah Siberia.

Dilansir Sfgate, Senin (17/9/2012), nenek moyang manusia ini dikatakan tidak berjalan sendiri. Mereka juga hidup berdampingan dengan Homo Neanderthals dan manusia kuno lainnya, yang pernah hidup sekira 10 ribu tahun lalu.

Genom Denisovans, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Science berasal dari sejumlah kecil DNA yang diteliti melalui tulang jari yang ditemukan di sebuah gua Rusia pada 2008. Setelah penemuan tulang jari, kemudian ditemukan gigi di gua tersebut.

Uniknya, ilmuwan mengungkapkan bahwa rincian DNA dari Denisova Hominins ini memiliki kesamaan dengan darah segar atau sampel air liur dari manusia yang hidup saat ini. Analisis genom dan perbandingannya dengan manusia modern serta Homo Neanderthals, akan memberi wawasan ke dalam sejarah Homo Sapiens.

Pemimpin studi Svante Paabo, pelopor dalam decoding genom kuno mengatakan, ini memerlukan waktu hingga bertahun-tahun bagi ahli biologi untuk memahami arti dari bukti DNA tersebut. 

"Banyak dari mereka (manusia purba) mungkin tidak memiliki peran apapun. Namun, di antara mereka pasti menyembunyikan beberapa perubahan penting yang membuat sejarah manusia modern," ujar Paabo, Direktur Department of Evolutionary Genetics di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology Leipzig, Jerman.

Paabo dan timnya menyoroti beberapa perbedaan genetik menarik antara manusia modern dan kerabat primitif manusia. Peneliti menemukan gen yang terlibat dalam jaringan pada otak serta terkait gangguan mental seperti autisme.

Analisis Paabo juga menunjukkan bahwa Denisova memiliki kulit gelap, rambut coklat dan mata coklat. Akan tetapi, ilmuwan belum dapat mengatakan lebih detail mengenai tampilan fisik manusia purba tersebut.



Sumber : http://techno.okezone.com
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player