Sabtu, 06 Oktober 2012

0 Ditemukan Jari Kaki Palsu Putri Pendeta di Mesir


Sample ImagePeneliti menemukan jari kaki palsu berusia ribuan tahun lalu di pemakaman Thebe, Mesir. Menurut pengujian ilmiah, jari kaki palsu ini merupakan temuan prostetik (anggota tubuh tiruan) paling tua yang pernah ditemukan para peneliti.
Dilansir Discovery, Kamis (4/10/2012), jari kaki palsu tersebut terbuat dari kayu, yang dikenal dengan nama jari kaki Greville Chester dan disimpan dalam museum di Inggris. Selain itu, terdapat prostetik tertua lainnya yang diberi nama jari kaki Tabaketenmut yang disimpan di museum Mesir di Kairo.

Benda bersejarah itu menggunakan bahan cartonnage, yaitu semacam campuran papier-mache (bahan yang terbuat dari campuran bubur kertas, kain, lem dan plester). Jari kaki Greville Chester diyakini telah ada saat 600 sebelum masehi (SM) dan hadir dalam bentuk jari kaki bagian kanan serta sebagian dari kaki kanan.

Jari kaki Tabaketenmut, terbuat dari kayu dan artefak kulit yang diduga dibuat antara 950 sampai 710 sebelum masehi. Benda peninggalan bersejarah itu ditemukan melekat di bagian jari kaki kanan sebuah mumi yang diidentifikasi sebagai Tabaketenmut.

Konon, Tabaketenmut ketika hidupnya merupakan putri dari pendeta yang diduga jari kakinya telah diamputasi, akibat penyakit diabetes. "Ada banyak contoh dari Mesir kuno tentang penciptaan bagian tubuh palsu untuk dimakamkan," jelas Jacqueline Finch, peneliti dari University of Manchester.

Ia mengatakan, jari kaki palsu tersebut, dilihat dari penggunaan serta desainnya, diyakini mampu membantu seseorang untuk dapat berjalan dengan normal. "Untuk melakukan pengujian terkait jari kaki palsu ini, perlu melibatkan ahli, tidak hanya yang paham mengenai praktek penguburan Mesir, tetapi juga dalam desain dan prostetik dalam mengkaji cara berjalan secara komputer," pungkasnya.

Peneliti menciptakan dua model Greville Chester dan Tabaketenmut, bersama dengan replika sandal kulit Mesir kuno.




Sumber : http://techno.okezone.com
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player