Selasa, 30 Oktober 2012

0 Bingung Menentukan Waktu? Berikut Metodenya


Terkadang ketika kita membuat jadwal dan rencana dalam pembelajaran awalnya berjalan dengan baik, namun ketika hal lain yang datang seperti godaan untuk bermain, aktivitas yang menyenangkan membuat kita melanggar jadwal kita sendiri.

Waktu sehari 24 jam yang kita dapatkan sebaiknya dapat digunakan dengan baik. Untuk itu, aturlah waktu secara bijaksana dan proporsional karena sesuatu yang berlebihan seperti terlalu banyak belajar atau kegiatan lain yang berlebihan justru dapat merugikan kita.

Ada beberapa langkah yang dapat membantu kita untuk mengatur waktu dalam belajar secara proporsional.

1. Tekankan kata "Tidak" di dalam pikiran.

Hal ini mungkin terpenting dalam langkah - langkah selanjutnya karena jika tidak bisa katakan "tidak" berarti semua langkah selanjutnya akan sia-sia karena secara tidak langsung kita telah membatalkan janji terhadap jadwal yang kita buat sendiri. Sebagai contoh ketika kita diajak menonton ke bioskop atau bermain padahal hari bebasnya ada di hari esok bukan hari sekarang. Mungkin kita merasa tidak enak bila menolak ajakan teman. Untuk itu katakan tidak pada teman kita dengan sopan agar mereka menerimanya dengan baik dan harus menjadi kebiasaan. Ketika kita berani berkata "tidak", berarti kita dapat menggunakan waktu untuk hal yang menguntungkan.

2. Buatlah jadwal harian 

Sesuaikan dengan kepribadian kita ketika membuat jadwal seperti membuat jadwal harian dengan menggunakan kertas kecil yang ditempelan ke dinding. Beri tanda checklist untuk membuktikan kalau kita telah berhasil menyelesaikan aktivitas. Anggap ini sebagai misi sehari-hari. Perlu diingatkan, bahwa setiap kita menyelesaikan suatu aktivitas yang di jadwalkan berikan istirahat pada tubuh selama 10 menit agar lebih relaks dalam melanjutkan aktivitas.

3. Carilah aktivitas lebih dari satu

Cara ini dapat membuat waktu lebih efektif dan efisien karena dapat mengombinasikan dua aktivitas seperti menunggu makanan yang masih panas sambil membuka buku pelajaran yang baru dipelajari akan menambah waktu belajar dan ketika berangkat ke sekolah bisa membuka buku pelajaran yang akan dibahas nanti. Itu membuat kita lebih kreatif dalam jadwal anda sehari - hari.

4. Jadikanlah belajar sebagai prioritas

Kebanyakan orang kurang tahu bagaimana mereka memprioritaskan rencana dan suka menunda janji yang mereka buat.

Metode yang mungkin teapt untuk adalah menggolongkan atau mengelompokkan hal yang penting pada suatu aktivitas yang akan dilakukan. Seperti jika ada kegiatan yang harus diselesaikan dalam 2-3 hari sebaiknya menggolongkan kegiatan itu di kelompok A, kemudian jika ada kegiatan yang dapat diselesaikan dalam waktu seminggu sebaiknya mengelompokan kegiatan tersebut di kelompok B dan jika kegiatan dapat diselesaikan dalam waktu lama seperti sebulan maka kelompokan dalam kegiatan kelompok C.

5. Pahami waktu pribadi anda

Jika kita sedang merencanakan waktu yang tepat, maka kita harus membuat alokasi waktu terlebih dahulu agar tidak salah dalam pembagian waktu nantinya. Supaya hasil waktunya yang digunakan sehari-hari lebih akurat, ada rumusanya untuk mengetahui waktu efektif yang di gunakan untuk mengatur waktu selama seminggu. Kemudian sisa waktu tersebut, di gunakan untuk belajar.

___x7 (seminggu) = ___ waktu tidur
___x7 = ___ waktu mandi dan berdandan
___x7 = ___ waktu makan termasuk persiapannya
___x7 = ___ waktu jalan-jalan pad ahari kerja
___x7 = ___ waktu jalan-jalan pada akhir pekan
___x7 = ___ waktu untuk sesi khusus, seperti beribadah, kursus, dsb
___x7 = ___ waktu untuk mengerjakan tugas
___x7 = ___ waktu bekerja
___x7 = ___ waktu untuk kuliah
___x7 = ___ rata-rata waktu untuk bersosialisasi, nongkrong (cobalah jujur)
TOTAL = ___
Sisa waktu untuk belajar: 168 jam (jumlah jam dalam seminggu) - (TOTAL) = ___

Jika kita sudah mencari waktu belajar, berarti telah menemukan waktu yang tepat untuk belajar.

6. Rumuskan waktu belajar

Dengan mengalokasikan waktu dengan baik, niscaya nilai pelajaran anda lebih baik dan gunakan aturan yang efektif seperti untuk pelajaran yang mudah gunakan 1.5 jam untuk pelajaran yang mudah, 1.5 - 2 jam untuk pelajaran yang lebih sulit dan 2-3jam untuk pelajaran yang paling sulit.

Contoh rumus yang dapat di gunakan:

____x1.5 = ____ jam belajar mata pelajaran yang mudah
____x 2 = ____ jam belajar mata pelajaran yang lebih sulit
____x2.5 = ____ jam belajar mata pelajaran yang paling sulit TOTAL = ____

kemudian bandingkan jumlah jam yang di dapat dari rumus ini dengan hasil survey sebelumnya. Memang ini terkadang membuat kita agak stress tetapi belajar bukan hanya menentukan kuantitas tetapi kualitas. Untuk tidak terlalu stress gunakan selang waktu untuk mengistirahatkan pikiran.

7. Hindari rasa terlalu sempurna

Tak perlu menjadi merasa paling sempurna karena dengan sifat ini bukan membawa kesenangan melainkan keterpurukan. Sebenarnya manusia tidak ada yang sempurna. Terkadang tugas yang begitu sulit suka dihindari dan ditunda. Tetapi kita harus ingat pada tujuan dalam belajar. Menjadi orang yang sukses pasti ada rintangannya. Begitu juga dalam belajar.

8. Memberi kesimpulan

Setelah langkah - langkah diatas telah dibuat dan dijalankan, kita secara langsung dapat menyesuaikan diri dengan jadwal yang di buat. Cobalah introspeksi diri dan mentaatinya. Lebih efektif melakukan sesuatu dengan waktu yang tersisa daripada melakukan sesuatu dengan waktu yang ditambahkan atau bahkan mengambil waktu yang lain.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player