Selasa, 30 Oktober 2012

0 Beberapa Macam Kecerdasan Otak diantaranya:


Kebanyakan orang berpikir jika kecerdasan otak hanya didapat sejak lahir. Namun pernyataan itu kurang benar. Ternyata kecerdasan bisa diaktifkan. kecerdasan otak terbagi atas 8 bagian. Hal ini dapat membedakan potensi kecerdasan mana yang lebih menonjol untuk otak anda juga mengenal tipe -tipe kecerdasan otak.


Disini, ada beberapa macam kecerdasan otak diantaranya:

1. Visual / Spasial

Kecerdasan ini meliputi proses berpikir seseorang yang dilihat dalam bentuk gambar atau lukisan. Jika anda mau mengaktifkan kecerdasan visual, anda dapat mengaplikasikanya dengan alat bantu penglihatan dalam teks buku dengan bagan, diagram dan gambar pada buku.

2. Kinestetik / Tubuh

Kecerdasan ini meliputi gerak tubuh dan penanganan masalah. Menggunakan keterampilan motorik secara teratur, secara tidak sadar anda dapat mengaktifkan kecerdasan ini. Berbagai contoh seperti jogging dan berolahraga dapat membuat kecerdasan ini berjalan dengan sendirinya. Selain itu, anda yang mengerjakan aktivitas didepan komputer juga mengaktifkan kecerdasan ini.

3. Musikal 

Kecerdasan tipe ini melibatkan kemampuan dan bakat dalam bermain musik dalam irama dan nada. Kecerdasan ini dapat datang dengan sering mendengar musik, bermain alat musik seperti gitar dan bernyanyi. Menurut penelitian, dengan kita menyenangi musik memori otak akan bertambah banyak ketimbang tidak atau jarang mendengar musik.

4. Interpersonal 

Kecerdasan ini digolongkan dengan respon atau tanggapan yang meliputi suasana hati, dorongan dan kebutuhan orang lain. Kecerdasan ini mengarah untuk membangun suatu hubungan yang baik antara diri sendiri dan orang lain dalam suatu pergaulan. Anda bisa mengaktifkan kecerdasan ini dengan cara ikut berpartisipasi atau ikut kegiatan sosial.

5. Natural

Kecerdasan ini adalah kecerdasan yang memiliki sifat menghargai dan mengerti akan kondisi alam. Dengan anda berpetualang ke alam seperti berkemah dan mendaki gunung, membuat otak mengaktifkan kecerdasan ini. Hal seperti ini dapat menambah pemahaman tentang alam.

6. Verbal / Linguistik

Kecerdasan verbal adalah kecerdasan yang meliputi kemampuan untuk membaca dan menulis. Untuk membuat kecerdasan ini aktif, anda dapat mempelajari kata - kata baru sehari-hari dengan cara membaca, mendengarkan berita di radio dan aktif dalam perdebatan serta diskusi.

7. Logikal / Matematika

Kecerdasan ini berkaitan dengan hal - hal yang berhubungan dengan angka dan penalaran. Dengan menghitung, mempelajari rumus dan memecahkan teka-teki anda dapat mempelajari kecerdasan logical

8. Intrapersonal

Kecerdasan ini berkaitan dengan pengendalian diri dan penghargaan terhadap diri serta kesadaran. Dengan mempelajari kecerdasan ini, anda dapat mengukur dan mengetahui kelebihan dan kelemahan anda.

Coba anda pelajari kedelapan kecerdasan tersebut dan temukan kecerdasan yang paling menonjol untuk mengetahui bakat anda kelak.

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player