Selasa, 30 Oktober 2012

0 Ancaman Dibalik Kebiasaan Kaum Urban


"Air susu dibalas air tuba" mungkin ini adalah peribahasa yang tepat untuk gula. Baik untuk rasa di lidah namun menyakitkan di tubuh bila dikonsumsi dalam jangka yang lama sehingga tidaklah heran jika pecinta gula ini akan mengidap diabetes. Di dunia termasuk Indonesia, kasus diabetes sering kali terjadi.

Berbagai pengobatan dari yang harga sedang sampai mahal dilakukan demi kesehatan. Tapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan hiduplah yang mengundang penyakit gula ini bebas masuk ketubuh. Seperti kaum urban (masyarakat kota), mereka hidup di perkotaan ingin yang serba instan daripada masyarakat pedesaan. Mengonsumsi gula bagi kaum urban adalah biasa.

Tetapi apakah mereka tidak tahu inilah penyebab diabetes? Gula bisa menyebabkan diabetes namun adapun beberapa kebiasaan yang tidak baik yang sama akibatnya dengan konsumsi gula.

1. Jarang sarapan di pagi hari
Untuk memulai aktivitas , terkadang orang mengabaikan sarapan karena sibuknya mengejar waktu agar datang lebih awal. Padahal dengan jarang sarapan di pagi hari, orang beresiko terkena obesitas dan diabetes karena didalam tubuh, hormon insulin akan menyampaikan sinyal ke otak untuk makan lebih banyak ketika makan siang atau makan malam. Supaya tidak beresiko demikian , sebaiknya biasakan sarapan dengan makanan yang kaya serat karena dapat merespon insulin supaya anda tetap kenyang selama beraktivitas.

2. Melebarnya lingkar badan
Yang membuat insulin tetap bertahan adalah lemak di abdomen (perut) yang memproduksi lemak yang tidak baik bagi kesehatan sehingga dapat menyebabkan orang makan lebih banyak. Menurut para ahli di Amerika, ukuran lingkar badan yang ideal adalah 89 cm atau sekitar 4 jengkal dari telapak tangan. Untuk menjaga lingkar tubuh tetap ideal, mengikuti latihan kardiovaskular minimal setengah jam sampai satu jam karena lebih ampuh untuk menurunkan berat badan daripada hanya diet saja.

3. Terbiasa minum soda
Soda merupakan minuman yang paling digemari masyarakat karena selain harganya terbilang terjangkau, juga menyegarkan. Tapi hal ini bisa memancing anda untuk terkena obesitas dan diabetes yang terutama kandungan pemanis buatan dari soda, zat adiktif yang membuat anda ketagihan. Hindarilah hal ini dengan mengganti minuman soda dengan air putih bahkan jika perlu, konsumsilah teh tanpa gula karena selain membuat anda nyaman, teh dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Sering menonton televisi
Jika anda menonton film, tubuh anda tidak mengalami pergerakan sehingga aktivitas kurang. Hal ini akan membuat anda malas beraktivitas sehingga tubuh semakin hari semakin menumpuk lemak. Menurut riset di Amerika, orang yang menghabiskan waktu di televisi terutama wanita, beresiko terkena obesitas dan diabetes dan terus meningkat bila dilakukan dalam jangka panjang. Hindarilah kebiasaan ini dengan membatasi menonton televisi kurang dari 10 jam setiap minggu dan rajinlah olahraga yang dapat menurunkan diabetes secara drastis.

5. Depresi 
Depresi memang bukan berkaitan dengan penyakit, tetapi karena akibatnya. Akibat dari depresi tersebut menyebabkan orang mengabaikan kondisi tubuhnya sehingga mengubah kimia dari tubuh menjadi mudah mengidap diabetes. Untuk menghindari hal itu cobalah anda jalan kaki sejenak selama 30 menit yang dilakukan 3 kali dalam seminggu dapat menghilangkan resiko depresi.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player