Selasa, 30 Oktober 2012

0 Anak SD Melukis Daun Kering


Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaatkan untuk membuat karya seni lukis yang indah.

Melukis, tidak harus di tuangkan dalam kertas. Seperti yang di lakukan siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Kota Gresik, mereka justru melukis di atas daun kering di sekitar mereka yang berserakan akibat musim kemarau. Sejumlah jenis daun, seperti daun jati, pisang, gelombang cinta serta daun waru, di manfaatkan para siswa untuk menuangkan imajinasinya secara spontan.

Anak-anak ini sengaja di biarkan memilih sendiri jenis daun yang di sukainya, untuk kemudian di lukis sesuai keinginan mereka pula.

Warna serta goresan-goresan pada daun, ternyata cukup membantu anak-anak dalam menciptakan pola lukisan yang indah sesuai karakter anak-anak, seperti lukisan batik, boneka serta aneka tokoh kartun kesayangan mereka.

Untuk memperoleh pewarnaan yang bagus, para siswa menggunakan kombinasi cat air dan cat sistesis, guna menghasilkan lukisan berkualitas.

Pihak sekolah, sengaja menggelar kegiatan ini, untuk menggugah kepekaan mereka dalam berimajinasi serta peka pula terhadap lingkungan sekitar. Apalagi, siswa selama ini mengenal lukisan hanya pada media kertas saja. "Kita mencob menggugah kepekaan anak-anak pada kondisi lingkungan mereka dengan cara sederhana ini", ujar Lilik Isnawati, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Gresik.

Untuk menyelesaikan satu lukisan, para siswa setidaknya membutuhkan waktu 30 menit hngga satu jam, tergantung tingkat imajinasinya.

Di samping melukis pada daun kering, sebagian siswa juga menuangkan lukisannya pada gerabah yang selama ini sering di gunakan orang tua mereka di dapur, seperti kendi dan cowek.

Selanjutnya pihak sekolah akan memilih sejumlah lukisan terbaik untuk mendapatkan penghargaan.

Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player