Selasa, 30 Oktober 2012

0 10 Tips Mencegah Kegagalan Pada Saat Ujian


Pernah mendapat nilai jelek setelah ujian? Pasti. Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam ujian. Setiap kita mengalami kegagalan dalam suatu hal, pasti anda akan mengatakan dalam benak anda "lain kali saya harus berhasil".

Untuk menghindari kegagalan dalam belajar terutama, anda harus berlatih dengan sungguh-sungguh. Latihan merupakan dasar dari persiapan anda dala menghadapi tes ujian pelajaran. Sebenarnya ujian itu bukanlah hal yang menakutkan, melainkan untuk mengukur seberapa besar kemampuan anda untuk menangkap pelajaran yang diberikan. Tidak perlu anda melihat teman karena itu anda harus mengusahakan usaha anda sebaik mungkin. Ada beberapa tips yang anda bisa gunakan untuk menghindari kegagalan saat ujian.

1. Pilih posisi nyaman dan fokus 
Carilah posisi yang nyaman sesuai dengan anda yang bisa digunakan untuk ruang gerak anda.usahakan untuk tidak membungkuk karena dengan membungkuk anda akan merasa kelelahan dan tertidurlah anda sehingga anda tidak bisa mngerjakan ujian dengan baik.

Cobalah duduk tegak dan pertahankan postur anda selama anda menyelesaikan ujian tersebut.

2. Tetap santai dan percaya diri
Jangan tegang saat anda ujian. Jika anda tegang dan panik, maka kegagalan yang anda terima. Untuk mencegah hal tersebut tanamkan percaya diri dalam hati anda jika anda harus melakukan yang terbaik dalam ujian tersebut. Jika anda memiliki rasa percaya diri, maka anda akan bersikap santai saat ujian.

3. Usahakan datang awal sebelum ujian berlangsung.
Saat anda datang lebih awal, cobalah anda buka buku pelajaran anda yang seudah dipelajari kemarin supaya dapat mengingat kembali apa yang dipelajari. Kemudian persiapkan keperluan apa yang diperlukan saat ujian akan berlangsung seperti alat tulis, papan jalan dan perlengkapan lain yang mendukung ujian tersebut.

4. Bacalah petunjuk pada lembar ujian.
Hal ini juga menentukan keberhasilan anda karena jika anda abaikan petunjuk dari ujian tersebut, maka hal yang anda aggap benar menjadi salah saat anda mengerjakan dan tentu anda akan mendapat nilai jelek. Untuk itu janganlah terburu-buru mengerjakan soal ujian. Coba bacalah pentunjuknya secara perlahan. Jika sudah paham petunjuk tersebut, barulah anda mengerjakan soal ujian tersebut.

5. Kerjakan dahulu soal yang mudah
Usahakan kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu karena selain menghemat waktu, anda akan memiliki rasa percaya diri karena anda yakin bisa dengan soal tersebut daripada mengerjakan soal yang sulit hanya akan membuat anda minder dan membuang waktu saja.
Akan lebih baik jika ada soal ujian esay, sebaiknya kerjakan soal esay terlebih dahulu karena soal esay, biasanya memiliki poin yang lebih besar dari soal pilihan ganda.

6. Benarkan jawaban jika ada yang keliru
Segera anda koreksi dan perbaiki jawaban anda yang keliru dan menggantinya dengan jawaban yang paling benar supaya anda tidak lupa saat anda mengumpulkan jawaban anda.

7. Gunakan visualisasi
Jika memang ada waktu, cobalah gunakan gambaran umum dari ujian anda kemudian cari kata kunci jika diizinkan kemudian tuliskan catatan yang muncul dipikiran anda.

8. Terapkan strategi anda belajar yang tepat
Untuk mendapatkan strategi tersebut, anda harus mencari soal yang paling mudah yang anda jawab kemudian hitunglah dengan soal yang menantang atau sulit anda kerjakan.dengan demikian, anda dapat menghafal soal yang mungkin dalam ujian selanjutnya akan sama sehingga anda akan menemukan jawabanya dan bisa menjawab soal yang sulit tadi.

9. Tinjaulah kembali pekerjaan anda
Jika semua sudah selesai, jangan tergesa-gesa untuk mengumpulkan soal yang sudah anda jawab. Periksalah kembali pekerjaan anda, siapa tahu ada kekeliruan menjawab. Dengan hal ini anda tidak akan kecewa karena soal yang menurut anda mudah karena keliru menjadi salah akibat tergesa-gesa.

10. Tahan diri sebelum istirahat
Kontrol diri anda jika anda sudah selesai untuk keluar saat waktu ujian belum berakhir karena sisa waktu anda dapat anda gunakan untuk memeriksa kebali jawaban anda.

Jadilah yang terbaik karena dengan berpikiran seperti itu, maka anda akan siap menerima ujian apapun yang anda hadapi nanti.
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player