Jumat, 03 Agustus 2012

0 Jenis Jenis macam Komputer







Amstrad_PC_micro_computer_64x Sebelumnya kita sudah membahas tentang Hardware dan software (klik disini ). Sekarang kita akan melihat jenis-jenis komputer berdasarkan ukurannya, baik ukuran fisik maupun kemampuan komputer itu dalam memproses informasi. Kita mulai dengan jenis komputer yang lazim kamu kenal dalam kehidupan sehari-hari. Nah coba mungkin ada diantara kamu yang sudah mengenal diantaranya, atau ada juga yang belum mengetahuinya.

Yang pertama adalah jenis komputer mikro. Mungkin kamu sudah tahu bahwa kata 'mikro' digunakan untuk menyatakan satuan ukuran yang sangat kecil, misalnya satu mikrometer adalah sama dengan sepersejuta meter, tetapi dalam istilah komputer mikro ini, kata mikro ini karena adanya mikroprosesor yang menjadi otak dari setiap komputer mikro. Karena proses produksi yang semakin baik, harga komputer mikro ini juga menjadi semakin murah, sehingga terjangkau untuk dibeli oleh banyak orang. Jadi kalau sekarang kamu melihat atau menggunakan komputer di rumah, di warnet atau di sekolah, maka itu semua tergolong komputer mikro. Secara umum komputer mikro ini juga disebut sebagai Personal Computer atau PC.

desktop_pc_in_blackset Komputer mikro ini jenis juga banyak lho, tapi jangan khawatir, hampir semuanya mungkin sudah pernah kamu dengar atau lihat atau bahkan kamu pergunakan. Jenis komputer mikro yang pertama adalah komputer desktop, yang sesuai namanya adalah komputer yang didudukkan di meja (desktop) dan biasanya jarang berpindah tempat. Seperti yang kamu lihat, bentuk fisiknya biasanya terdiri sebuah kotak (yang lazim disebut kotak CPU), monitor, keyboard dan mouse, selain mungkin ada peralatan lain yang terhubungkan dengan komputer tersebut.

6135leno1 Komputer mikro yang lain adalah laptop, mungkin ini pernah kamu lihat digunakan oleh orangtua atau kakak kamu, atau bahkan kamu sendiri yang menggunakannya. Jenis komputer ini pada dasarnya sama dengan komputer desktop, dengan kemampuan yang sama, tapi bentuk fisik yang berbeda. Ciri khususnya adalah bentuknya yang kecil dan gampang dibawa, seperti buku yang bisa dilipat (itu sebabnya juga disebut komputer notebook), dengan ukuran monitor biasanya dari 10 sampai dengan 14 inchi. Oh ya mengapa disebut laptop, karena memang biasanya ketika digunakan diletakkan di atas pangkuan (lap) orang, sehingga mudah digunakan di mana-mana. 

guy-messing-with-netbook Laptop ini ada jenis yang lebih kecil lagi, meskipun bentuknya masih seperti laptop (dengan layar monitor yang tergabung menjadi satu) tapi umumnya disebut dengan istilah lain, yaitu komputer netbook atau palm PC. Komputer netbook ini mirip dengan komputer notebook, hanya memiliki beberapa perbedaan. Di antaranya perbedaan fungsi, kalau komputer laptop atau notebook biasanya adalah komputer dengan standar kemampuan sebuah PC biasa (sehingga bisa digunakan untuk pemrosesan yang 'berat' seperti desain grafis, software database, dll), maka komputer netbook biasanya dirancang khusus untuk berinternet dan penggunaan yang ringan-ringan saja, misalnya untuk pengetikan dokumen. Biasanya monitor sebuah netbook berukuran sekitar 8 inchi. Karena kemampuannya yang relatif terbatas dibandingkan dengan notebook, maka biasanya netbook berharga relatif lebih murah.

philips_tablet Selanjutnya masih dalam keluarga komputer mikro adalah Tablet PC. Namanya lucu ya, mengingatkan akan tablet obat, karena memang bentuknya mirip-mirip tablet. Nyaris keseluruhan bentuk fisiknya adalah layar saja. Komputer ini tidak memiliki keyboard atau mouse seperti yang lazim kamu lihat pada komputer dekstop atau laptop. Lalu bagaimana cara memakainya kalau tidak ada keyboard dan mouse? Nah, komputer ini bekerja dengan teknologi layar sentuh atau touch screen. Jadi kalau biasanya kamu menggerakkan mouse untuk mencari atau mengklik sesuatu di layar komputer kamu, maka dengan tablet PC ini, kamu cukup menyentuh saja layarnya secara langsung, atau bisa juga dengan menggunakan pena khusus yang disebut stylus.

PDA6 Masih dalam keluarga komputer mikro, jenis lain dari komputer ini adalah PDA atau Personal Digital Assistance. Ini jenis komputer yang bisa dimasukkan ke dalam saku karena ukurannya sangat kecil, dan tentu saja kemampuannya tidak bisa kamu bandingkan dengan komputer desktop atau laptop, karena sangat terbatas. Biasanya terbatas pada koneksi internet dan software-software pendukung produktivitas seperti word processor, spreadsheet dan lain sebagainya. Dalam perkembangan teknologi belakangan ini, jenis komputer ini terintegrasi dengan teknologi komunikasi, sehingga banyak PDA yang memiliki kemampuan sebagai telepon genggam atau sebaliknya telepon genggam yang memiliki kemampuan seperti PDA.

Pembahasan tentang jenis komputer ini sampai di sini dulu ya, ntar kepanjangan kamu jadi bosan. Dalam tulisan sambungannya nanti kita bahas juga jenis-jenis komputer lain selani komputer mikro, yang mungkin belum pernah kamu lihat tapi sangat berguna untuk pengetahuan kamu. Tulisan ini kita tutup dengan pembahasan tentang sistem operasi dari masing-masing komputer yang kita bahas di atas. Kamu masih ingat kan penjelasan tentang sistem operasi, kalau kamu lupa bisa kamu baca dulu di tulisan tentang operating System (baca disini )

Komputer desktop dan laptop pada umumnya menggunakan sistem operasi Windows, Linux dan MacOS. Meskipun juga ada sistem operasi yang lain, tapi biasanya tiga yang disebut itu adalah yang paling populer. Untuk komputer netbook, biasanya menggunakan WindowsXP atau Linux. Untuk tablet PC, setahu tim b0cah hanya bisa dijalankan dengan komputer WindowsXP. Untuk PDA, biasanya berjalan dengan WindowsCE atau Windows Pocket PC, Google Android, Symbian.
Nah, kalau Blackberry atau bb yang mungkin orang tua, teman, atau kami sendiri pakai, termasuk bagian komputer mikro gak ya?. Hmmm, diskusikan bersama teman, orang tua, guru kamu, tunggu pembahasan tentang dunia komputer selanjutnya. (DOS)



Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?

Unduh Adobe Flash player